BLOG - Rico -

Blog - Rico -

Senin, 08 April 2013

Membuat Curriculum Vitae dengan HTML

Postingan kali ini adalah tugas dari matakuliah Pemrograman Berbasis Web yang diajarkan oleh Dosen Aviarini Indrati. Tugas kali ini cukup sederhana, tapi cukup berguna bagi para pembaca yang masih belajar HTML.

Disini saya akan membuat sebuah CV saya yang begitu sederhana menggunakan HTML. Untuk mengikuti tutorial ini, anda sebelumnya harus sudah memiliki Text Editor dan Browser. Text Editor yang saya gunakan adalah Notepad dan browsernya adalah Google Chrome. Anda dapat menggunakan Text Editor dan Browser manapun.

Berikut ini langkah-langkahnya :
1. Buka Text Editor yang anda gunakan lalu copy script dibawah ini ke Text Editor anda

2. Simpan file dengan nama index.html dan letakkan didalam C:\xampp\htdocs\CV (bagi yang sudah menginstal XAMPP) dan jika anda belum menginstal, anda tetap dapat menjalankan file HTML dengan menaruh file dimana saja sesuka anda.

Pada contoh diatas bisa kita lihat cara menyisipkan gambar dengan menggunakan code berikut :

Sebelumnya anda harus meletakan foto_rico.jpg satu folder / pada tempat yang sama dengan index.html. atribut "alt" berfungsi sebagai alternatif jika foto tidak berhasil di load maka akan muncul tulisan "Foto Rico". Atribut height untuk menentukan tinggi sedangkan width untuk menentukan lebar.

Agar CV terlihat rapi, disini saya menggunakan Table. Sintaks table sebagai berikut :


Pada index.html terdapat link untuk pergi ke file lainnya dengan coding berikut :


Karena kita membuat link ke halaman achievements.html kita harus membuat file terlebih dahulu. Copy kan source code dibawah ini ke Text Editor anda

Simpan file dengan nama achievements.html dan letakan ditempat file lainnya berada. Sehingga isi Folder CV adalah sebagai berikut :

Cara menjalankan program diatas adalah dengan cara mengklik kanan lalu pilih open with, kemudian pilih browser yang ingin anda gunakan untuk menampilkan output.

Berikut output dari file index.html  :

Dibagian bawah terdapat link Achievements >> untuk pergi ke halaman achievements.html. Jika anda mengklik link tersebut halaman akan tampak menjadi berikut :



Sekian Tutorial dari saya, walaupun sederhana semoga dapat membantu orang-orang yang ingin belajar :D

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

4 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 BLOG - Rico - ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0