BLOG - Rico -

BLOG - Rico -

Kamis, 24 Januari 2013

Latar Belakang Sistem Operasi Terdistribusi Amoeba

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Amoeba. Amoeba yang dimaksud bukan anggota filum Sarcodina / hewan kecil yang sering dibahas dalam ilmu biologi melainkan sebuah sistem operasi dalam komputer.


Latar Belakang Amoeba

Sejarah komputasi modern dibagi ke dalam era berikut:
-            1970-an: Timesharing (1 komputer dengan banyak pengguna)
-            1980-an: Personal komputer (1 komputer per user)
-            1990-an: Komputasi paralel (banyak komputer per user)
Sampai sekitar tahun 1980, komputer besar, mahal, dan terletak di pusat-pusat komputer. Kebanyakan organisasi memiliki satu mesin besar.
Tahun 1980-an, harga turun ke titik di mana setiap user bisa memiliki-nya  komputer pribadi atau workstation. Mesin-mesin ini sering jaringan bersama-sama,  sehingga pengguna dapat melakukan remote login pada komputer orang lain atau berbagi file dalam berbagai cara.
Dewasa ini beberapa sistem memiliki banyak prosesor per pengguna, baik dalam bentuk  komputer paralel atau koleksi besar CPU yang dibagi oleh komunitas pengguna yang kecil. Seperti  biasanya disebut sistem parallel atau terdistribusi sistem komputer.
Perkembangan ini menimbulkan pertanyaan tentang jenis perangkat lunak apa yang akan dibutuhkan untuk sistem baru ini. Untuk menjawab pertanyaan ini, sebuah kelompok di bawah arahan Prof Andrew S. Tanenbaum pada Vrije Universiteit (VU) di Amsterdam (Belanda)  telah melakukan penelitian sejak tahun 1980 di bidang sistem komputer terdistribusi. Ini penelitian, sebagian dilakukan dalam kerjasama dengan Centrum voor Wiskunde en Informatica (CWI), telah mengakibatkan pengembangan suatu sistem operasi terdistribusi baru, yang disebut Amoeba, yang dirancang untuk lingkungan yang terdiri dari sejumlah besar komputer.
Amoeba tersedia gratis untuk universitas dan lembaga pendidikan lainnya dan komersial khusus harga dan kondisi perusahaan, pemerintah, dan pengguna lain, seperti yang dijelaskan kemudian.

Jangan lupa membaca Apa itu Amoeba?
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 comments

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 BLOG - Rico - ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0